1. 1. Marketing (pemasaran) adalah hal yang kita lakukan sehari-hari, hanya terkadang kita tidak menyadarinya. Berikan 2 contoh simpel aplikasi pemasaran yang dilakukan dalam kehidupan anda sehari-hari. Jelaskan.
contoh aplikasi pemasaran yang dilakukan didalam kehidupan sehari-hari
Contoh pemasaran langsung atau
yang sering disebut sebagai direct marketing:
- Pemasaran
produk makanan di pasar tradisional
- Pemasaran
produk kesehatan di mall
- Pemasaran
produk kerajinan tangan di pusat oleh-oleh tempat wisata
Contoh pemasaran tidak langsung yang biasa dikenal dengan indirect
marketing:
- Pemasaran buku melalui aplikasi marketplace di internet
- Pemasaran perabot rumah tangga melalui iklan di televisi
- Pemasaran jasa layanan masyarakat melalui iklan di radio
- Pemasaran produk UMKM di internet
Contoh pemasaran secara afiliasi:
- Sebenarnya metode afiliasi ini intinya adalah membayar orang lain
untuk mempromosikan produknya.
- Pemasaran produk kesehatan melalui Multi-level Marketing
- Pemasaran alat masak melalui Multi-level Marketing
a. Jelaskan perbedaan diantara ketiganya.
a).
Strategi Pemasaran:
·
Segmentasi : proses membagi pasar menjadi
segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik serupa dari perilaku
pelanggan, dan kemudian menentukan segmen-segmen mana yang mau dilayani.
·
Targeting : proses evaluasi setiap ketertarikan
dari masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk
dipenetrasi
·
Positioning : proses mendesain penawaran sehingga
dapat mengakomodasi posisi kompetitif yang berbeda dan bermakna di benak
pelanggan
b).
Taktik Pemasaran
·
Diferensiasi : proses penciptaan faktor pembeda
suatu produk agar lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu
·
Marketing Mix : strategi pemasaran yang
menggabungkan elemen produk (product), lokasi (place), promosi (promotion) dan harga
(price) secara terpadu
·
Penjualan : suatu usaha yang terpadu untuk
mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan
kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba (Marwan, 1991)
c).
Value Bisnis
·
Merek : sekumpulan aset yang menciptakan value bagi
pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas
·
Layanan : usaha perusahaan untuk menyampaikan value
bisnis kepada pelanggan
·
Proses : upaya pengintegrasian kualitas, biaya dan
pengantaran suatu produk dari perusahaan kepada pelanggannya
b.
Jelaskan bagaimana
implementasi ketiganya dihubungkan dengan level (tingkatan) dalam perusahaan.
Implementasi dari 3 element marketing dengan
dihubungkan dengan level atau tingkatan dari perusahaan adalah dalam perusahaan
hotel. Bagian level 1 yaitu department berupa marketing(Director of Sales
Marketing), Financial (Director of Financial), Human Resource (HumanResource
Director), Food and Beverage (Food and Beverage Director), Room ( Director of
Room) pada bagian Departemental ini berfokus kepada tujuan masing-masing
department tersebut (dept goal) misalnya FB director berfokus pada penjualan
makanan dan minuman,revenue, dan bagaimana caranya agar dapat menghasilkan
keuntungan berupa uang tersebut. Dalam hal ini, bagian departemental ini harus menerapkan metode, alat, langkah yang
tepat atau taktik dalam departement nya masing-masing agar tercapainya revenue
yang diinginkan. Kemudian di bagian level 2 terdapat General Manager (GM) yang
termasuk ke dalam Sub Bussines Unit dimana GM ini berperan penting dalam
memikirkan profit and loss dan efisiensi dari suatu perusahaan tersebut. hal
ini bisa terjadi bagaimana si GM tersebut mengatur strategi marketing yang
sesuai, seperti ketepatan pada bagian segmenting, targeting pasar, dan
positioning. GM ini berfokus pada bussines goal dengan strategi pemasaran yang
baik. Pada tingkatan level 2 ini profit and loss salah satunya tergantung pada
performa dari seorang General Manager tersebut. kemudian tingkat level 3 yaitu
Corporate (owner atau CEO) yang berfokuskan kepada corporate goal yang
berkesinambungan dengan value suatu barang dan jasa yang ada di perusahaan
tersebut. CEO dalam suatu perusahaan ini berperan bagaimana membangun image
dari perusahaannya. Kemudian juga berpikir bagaimana membuka perusahaan yang
lain untuk meningkatkan image dan proses perusahaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar