Senin, 21 Maret 2022

 

1.     1. Marketing (pemasaran) adalah hal yang kita lakukan sehari-hari, hanya terkadang kita tidak menyadarinya. Berikan 2 contoh simpel aplikasi pemasaran yang dilakukan dalam kehidupan anda sehari-hari. Jelaskan.

         contoh aplikasi pemasaran yang dilakukan didalam kehidupan sehari-hari

Contoh pemasaran langsung atau yang sering disebut sebagai direct marketing: 

  • Pemasaran produk makanan di pasar tradisional
  • Pemasaran produk kesehatan di mall
  • Pemasaran produk kerajinan tangan di pusat oleh-oleh tempat wisata

 

Contoh pemasaran tidak langsung yang biasa dikenal dengan indirect marketing:

  • Pemasaran buku melalui aplikasi marketplace di internet
  • Pemasaran perabot rumah tangga melalui iklan di televisi
  • Pemasaran jasa layanan masyarakat melalui iklan di radio
  • Pemasaran produk UMKM di internet

 

Contoh pemasaran secara afiliasi: 

  • Sebenarnya metode afiliasi ini intinya adalah membayar orang lain untuk mempromosikan produknya.
  • Pemasaran produk kesehatan melalui Multi-level Marketing
  • Pemasaran alat masak melalui Multi-level Marketing


2. Di dalam Framework '9 Element of Marketing' terdapat 3 elemen mendasar yang sangat penting, yaitu TACTIC, STRATEGY dan VALUE.

a.      Jelaskan perbedaan diantara ketiganya.

a).    Strategi Pemasaran:

·         Segmentasi : proses membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik serupa dari perilaku pelanggan, dan kemudian menentukan segmen-segmen mana yang mau dilayani.

·         Targeting : proses evaluasi setiap ketertarikan dari masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dipenetrasi

·         Positioning : proses mendesain penawaran sehingga dapat mengakomodasi posisi kompetitif yang berbeda dan bermakna di benak pelanggan

b).    Taktik Pemasaran

·         Diferensiasi : proses penciptaan faktor pembeda suatu produk agar lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu

·         Marketing Mix : strategi pemasaran yang menggabungkan elemen produk (product), lokasi (place), promosi (promotion) dan harga (price) secara terpadu

·         Penjualan : suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991)

c).    Value Bisnis

·         Merek : sekumpulan aset yang menciptakan value bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas

·         Layanan : usaha perusahaan untuk menyampaikan value bisnis kepada pelanggan

·         Proses : upaya pengintegrasian kualitas, biaya dan pengantaran suatu produk dari perusahaan kepada pelanggannya



b.      Jelaskan bagaimana implementasi ketiganya dihubungkan dengan level (tingkatan) dalam perusahaan.

Implementasi dari 3 element marketing dengan dihubungkan dengan level atau tingkatan dari perusahaan adalah dalam perusahaan hotel. Bagian level 1 yaitu department berupa marketing(Director of Sales Marketing), Financial (Director of Financial), Human Resource (HumanResource Director), Food and Beverage (Food and Beverage Director), Room ( Director of Room) pada bagian Departemental ini berfokus kepada tujuan masing-masing department tersebut (dept goal) misalnya FB director berfokus pada penjualan makanan dan minuman,revenue, dan bagaimana caranya agar dapat menghasilkan keuntungan berupa uang tersebut. Dalam hal ini, bagian departemental ini  harus menerapkan metode, alat, langkah yang tepat atau taktik dalam departement nya masing-masing agar tercapainya revenue yang diinginkan. Kemudian di bagian level 2 terdapat General Manager (GM) yang termasuk ke dalam Sub Bussines Unit dimana GM ini berperan penting dalam memikirkan profit and loss dan efisiensi dari suatu perusahaan tersebut. hal ini bisa terjadi bagaimana si GM tersebut mengatur strategi marketing yang sesuai, seperti ketepatan pada bagian segmenting, targeting pasar, dan positioning. GM ini berfokus pada bussines goal dengan strategi pemasaran yang baik. Pada tingkatan level 2 ini profit and loss salah satunya tergantung pada performa dari seorang General Manager tersebut. kemudian tingkat level 3 yaitu Corporate (owner atau CEO) yang berfokuskan kepada corporate goal yang berkesinambungan dengan value suatu barang dan jasa yang ada di perusahaan tersebut. CEO dalam suatu perusahaan ini berperan bagaimana membangun image dari perusahaannya. Kemudian juga berpikir bagaimana membuka perusahaan yang lain untuk meningkatkan image dan proses perusahaannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terdapat perbedaan cara pandang tentang Bauran Pemasaran (Marketing Mix) antara perusahaan (company) dan pelanggan (customer). Misalnya pada...